peneliti AS temukan fosil baru dinosaurus di china

Tim peneliti dari Universitas George Washington, Amerika Serikat, mengumumkan mereka telah menemukan sebuah fosil dinosaurus di barat laut China. Fosil yang ditemukan merupakan jenis dinosaurus theropoda yang berusia kurang dari satu tahun saat dia mati.

Dilansir laman Planet Save, Sabtu 4 Mei 2013, spesies dinosaurus itu dinamakan Aorun Zhaoi dan ditemukaan oleh James Clark, seorang pengajar di Departemen Biologi Universitas George Washington Fakultas Seni dan Pengetahuan pada 2006.

Dalam penemuan fosil di kota terpencil di Xinjiang, China itu, peneliti menemukan sebuah tengkorak, rahang, dan bagian dari kerangka dinosaurus tersebut.

Saat ditemukan, fosil dinosaurus jenis ini diperkirakan mencapai tinggi satu meter dan hanya memiliki berat sekitar 1,5 kilogram. Namun, para peneliti belum mengetahui seberapa besar tampilan fisik mereka apabila tumbuh dewasa.

“Semua yang berhasil ditemukan di permukaan hanya sedikit bagian kaki. Namun, kami sangat terkejut dapat menemukan fosil tengkorak yang terkubur di dalam batu,” ujar Clark kepada media.

Dinosaurus jenis Aorun diperkirakan hidup 161 juta tahun lalu di bagian akhir era Jurassic. Clark menyebut ukuran Aorun memang kecil, tetapi dari penelitian beberapa gigi yang berhasil ditemukan, dinosaurus jenis ini termasuk pemakan daging atau karnivora.

“Diperkirakan, mereka memangsa kadal, kerabat dekat beberapa hewan mamalia dan buaya,” ujar Choiniere, seorang peneliti senior dari Institut Kajian Evolusioner di Universitas Witwatersrand di Johannesburg, Afrika Selatan. Sumber berita: http://www.viva.co.id

ilustrasi dinosaurus

ilustrasi dinosaurus

ilustrasi dinosaurus

ilustrasi dinosaurus

Iklan

Tentang muhammadarkhan

Seorang penulis yang suka membaca buku dan meminum teh.
Pos ini dipublikasikan di sains. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s