pesawat tenaga surya swiss terbang perdana di AS

Gambar

Pilot Andre Borschberg (kanan) dan Bertrand Piccard memberikan keterangan pers tentang pesawat Solar Impulse di California (foto: dok).

Dua pilot Swiss lepas landas dari California (3/5) hari Jumat dalam apa yang direncanakan sebagai penerbangan keliling Amerika pertama yang dilakukan pesawat bertenaga surya.

Pesawat ‘Solar Impulse’ adalah proyek pesawat jarak jauh dengan menggunakan tenaga matahari yang dikembangkan oleh Institut Teknologi Lausanne yang dibiayai oleh pemerintah Swiss.

Proyek pesawat bertenaga surya ini dipimpin oleh pakar penerbangan Swiss, Bertrand Piccard dan pengusaha Swiss, André Borschberg yang sekaligus berperan sebagai pilot secara bergantian dalam uji coba penerbangan pesawat ini di beberapa negara.

'Solar Impulse' lepas landas dari Lapangan Moffett, NASA di kota Mountain View, California (3/5). Pesawat buatan Swiss ini akan singgah di beberapa kota Amerika.

Solar Impulse memiliki rentang sayap seperti pesawat jet 747, tetapi hanya seberat mobil berukuran sedang. Baterai pesawat itu mengumpulkan dan menyimpan energi dari matahari, sehingga pesawat bisa terbang siang dan malam.

Tapi Solar Impulse hanya dapat melakukan penerbangan sekitar 69 kilometer per jam dan hanya cukup untuk satu pilot, sehingga sering berhenti untuk beristirahat.

Pilot Bertrand Piccard dan Andre Borschberg berencana untuk singgah cukup lama di Phoenix, Dallas, St Louis, dan Washington sebelum pendaratan terakhir di New York bulan depan.

Piccard dan Borschberg membandingkan penerbangan awal mereka dengan para pencetus penerbangan, Wright Bersaudara dan Charles Lindbergh.

Mereka mengakui bahwa penggunaan pesawat bertenaga surya untuk tujuan komersial masih jauh di masa depan, tapi mereka berharap proyek itu dapat membantu mendorong lebih banyak penerbangan hemat energi

 
Iklan

Tentang muhammadarkhan

Seorang penulis yang suka membaca buku dan meminum teh.
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s