akhirnya hotmail tutup usia

Satu dekade lalu, layanan e-mail gratis di dunia boleh dibilang muncul berhamburan. Namun, beberapa yang populer bisa dihitung dengan jari tangan, apalagi yang bertahan sampai saat ini. Yahoo Mail, Google Mail, Mail.com, dan beberap lainnya.

Ada satu yang sempat populer tapi tak sanggup bertahan lagi. Itulah Hotmail. Sejak diluncurkan pada pertengahan era ’90-an, dan sempat menjadi layanan e-mail terpopuler di dunia, Microsoft akhirnya secara resmi menutup Hotmail.

Tanda-tanda keruntuhan Hotmail sudah mulai tampak sejak tahun lalu. Ketika itu, ComScore melaporkan bahwa Hotmail sudah kalah tenar dari Yahoo dan Gmail di Amerika Serikat.

Menurut laporan yang dirilis Oktober 2012 itu, Yahoo masih menjadi layanan email paling populer dengan 76,7 juta pengguna di AS, disusul 69 juta pengguna Gmail, dan 35,5 juta pengguna Hotmail.

Sadar akan popularitas Hotmail yang semakin hari semakin merosot, Microsoft pun mempersiapkan migrasi besar-besaran Hotmail ke Outlook.com.

Proses migrasi sedang berlangsung. Bagi yang menggunakan Hotmail, Anda bisa login di Outlook.com tanpa harus daftar ulang.

Pengguna Hotmail sesungguhnya tidak benar-benar kehilangan layanan e-mail, tapi hanya sekadar hijrah ke rumah baru–dengan wajah baru, penampilan baru, juga fitur baru. Rumah itu bernama Outlook.com.

Selamat datang, Outlook.com

V3 melansir, pada 6 Mei 2013, Microsoft tengah mengalihkan seluruh akun pengguna Hotmail ke layanan Outlook.com miliknya, yang diperkirakan memakan 150 petabyte data.

“Ketika pra tayang Outlook.com muncul Februari silam, kami telah membukukan lebih dari 60 juta akun aktif dari seluruh dunia,” ujar Dick Craddock, Group Program Manager Outlook.com

“Memang, Hotmail masih menjadi salah satu layanan Microsoft yang paling banyak digunakan, dengan lebih dari 300 juta pengguna aktif. Migrasi ini membuat proses yang luar biasa besar, bahkan mungkin belum pernah terjadi sebelumnya di dunia Internet,” tutur Craddock.

Ketika proses migrasi selesai, Microsoft memperkirakan Outlook.com akan dihuni oleh lebih dari 400 juta pengguna aktif di seluruh dunia. Selain itu, perusahaan yang berkantor pusat di Redmont itu juga melaporkan bahwa sekitar 125 juta pengguna Outlook.com juga menggunakan layanan Exchange ActiveSync. Pada Outlook.com, Microsoft menawarkan pilihan antarmuka yang baru, lebih segar, serta kemampuan untuk mengirim pesan dari akun e-mail lain, juga integrasi dengan SkyDrive.

Craddock mengatakan, integrasi SkyDrive akan memudahkan pengguna untuk memilih dan melampirkan file juga gambar dari folder SkyDrive langsung ke pesan.

“Ketika Anda mengirimkan e-mail, Anda dapat melampirkan file langsung dari SkyDrive, yang secara otomatis file itu muncul sebagai thumbnail, sehingga penerima e-mail bisa dengan praktis mengakses atau menyalin file tersebut langsung ke folder SkyDrive di komputer Anda,” jelas Craddock.

“Ini adalah pengalaman yang benar-benar baru bagi pengguna e-mail Microsoft. Semuanya dibuat praktis dan mudah berkat SkyDrive,” imbuhnya. Sumber: viva.co.id

hotmail logo

hotmail logo

Iklan

Tentang muhammadarkhan

Seorang penulis yang suka membaca buku dan meminum teh.
Pos ini dipublikasikan di teknologi. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s