layanan musik berbayar google

Raksasa internet Google meluncurkan layanan musik yang disebut Music All Access yang akan meramaikan persaingan musik internet.

Google menyebut layanan berlangganan terbarunya ini sebagai ‘radio tanpa peraturan’ karena bisa mendengar jutaan lagu, termasuk yang sudah dimiliki oleh para pengguna.

Beberapa layanan musik internet yang sudah tersedia saat ini antara lain adalah Spotify, Xbox Music, Rdio, dan Pandora.

Berbeda dengan para saingannya, Google tidak memberikan masa percobaan gratis selama 30 hari namun harus langsung berlangganan sebesar US$9,99 atau sekitar Rp90.000 per bulan untuk Amerika Serikat.

Namun harga langganan untuk pengguna di luar Amerika Serikat masih belum diumumkan.

Dengan berlangganan bulanan maka pengguna memiliki akses ke perpustakaan musik yang memiliki koleksi jutaan lagu dengan menggunakan sistem Android atau lewat mesin penjelajah internet.

Music All Access memungkinkan pengguna untuk menyusun daftar musiknya sendiri, yang terdiri dari lagu yang sudah dia miliki maupun yang tersedia di perpustakaan Google.

Tidak jaminan

Layanan musik ini diumumkan dalam sebuah konferensi para pengembang Google di San Fransisco dan ditanggapi secara positif oleh para investor sehingga sahan Google untuk pertama kalinya menembus ke atas US$900.

Bagaimanapun seorang pengamat internet mengatakan tidak ada jaminan bahwa Music All Access akan berhasil.

“Ini merupakan pemutar musik besar keemapt yang diluncurkan Google selama beberapa tahun dan setiap kali mereka melakukannya karena Google namun sebagian besar produknya sampai saat ini tidak memiliki dampak besar seperti yang diperkirakan orang,” tutur Chris Cooke dari buletin CMU Music Network.

“Saya kira merupakan lompatan kesimpulan untuk menyatakan hal itu akan menjadi pembunuh Spotify atau pengubah tota permainan,” tambahnya.

Cooke menambahkan bahwa Google saat ini memang memiliki layanan musik yang paling berhasil, You Tube, baik dilihat dari jumlah pengguna maupun pemasukan keuangan.

“Namun itu dalam bentuk video dan tidak terintegrasi dengan Google Play.”

Saat ini Spotify merupakan layanan musik internet terbesar dengan perkiraan 24 juta pengguna di seluruh dunia namun hanya enam juta yang berlangganan. Sumber: bbcindonesia.com

Iklan

Tentang muhammadarkhan

Seorang penulis yang suka membaca buku dan meminum teh.
Pos ini dipublikasikan di teknologi. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s