studi: cahaya ponsel dan komputer ganggu ritme tidur

Seiring perubahan zaman, orang semakin tergantung dengan teknologi. Tak sedikit yang mengecek surat elektronik lewat ponsel atau mengerjakan tugas dengan laptop hingga larut malam.

Tapi tahukah Anda jika cahaya buatan yang dipaparkan komputer dan ponsel bisa menyebabkan orang sulit tidur? Tak hanya itu, cahaya buatan juga memicu seseorang untuk mengonsumsi kafein.

Menurut Professor Charles Czeisler dari Harvard Medical School, jika lampu elektrik mempengaruhi ritme sirkadian – jam alami tubuh- maka paparan cahaya LED dari ponsel dan komputer lebih menganggu ketimbang bola lampu elektrik standar.

“Ada banyak penyebab mengapa orang tidak mendapat tidur cukup selama 24 jam dan 7 hari, mulai dari bekerja atau sekolah, pulang pergi dengan jarak panjang, hingga minuman dan makanan kaya kafein,” ujar Czeisler seperti dilansir laman Daily Mail.

“Namun faktor yang jarang diketahui adalah terobosan teknologi: cahaya elektrik. Tanpa itu, beberapa orang akan mengonsumsi kafein agar terjaga saata malam hari. Dan cahaya mempengaruhi ritme sirkadian lebih besar dibandingkan obat mana pun.”

Lebih lanjut Czeisler mengatakan, penurunan jumlah jam tidur malam telah mempengaruhi kesehatan seseorang. Salah satunya adalah risiko tinggi obesitas, diabetes, jantung, depresi dan stroke pada orang dewasa serta gangguan konsentrasi pada anak-anak. Sumber: viva.co.id

Iklan

Tentang muhammadarkhan

Seorang penulis yang suka membaca buku dan meminum teh.
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s