Mengapa Penguin Tidak Bisa Terbang?

Penguin, salah satu hewan jenis burung yang tidak bisa terbang, namun, mempunyai keahlian berenang yang sangat baik. Keanehan itu yang sampai saat ini menjadi pertanyaan besar bagi peneliti.

Tim peneliti dari Inggris akhirnya menemukan jawaban dari teka-teki mengapa penguin tidak bisa terbang. Ternyata, spesies penguin cenderung memilih hidup di bawah air, berenang, ketimbang terbang di udara.

Jawaban itu diperoleh secara ilmiah dari sebuah studi pada burung laut yang memiliki kaitan paling erat dengan penguin. Dari hasil penelitian itu, peneliti sangat yakin, sebenarnya sayap kedua hewan itu dirancang untuk terbang, bukan untuk menyelam dan berenang.

“Burung Guillemot, memiliki bentuk yang mirip dengan penguin. Tidak hanya bentuk mirip, burung itu juga memiliki kemampuan berenang yang baik,” kata John, juru bicara University of Aberdeen, Skotlandia, dilansir Terra Daily, 23 Mei 2013.

Dia menambahkan, perbedaannya adalah Burung Guillemot bisa terbang, meskipun kemampuan terbangnya sangat buruk. “Itu adalah bentuk dari hipotesis biomekanik -struktur dan fungsi sistem biologis mekanik- pada burung Guillemot,” jelas John.

Hipotesis biomekanik membuat penggunaan sayap untuk dua hal berbeda, dalam kasus ini untuk aktivitas terbang dan berenang. Namun, biomekanik tidak dapat membuat kedua aktivitas itu sama-sama baik.

“Burung Guillemot memiliki sayap yang pendek dan harus menggerakkannya secepat mungkin agar bisa terbang. Meskipun sangat melelahkan, namun burung itu tetap memilih untuk bisa terbang,” terang John.

Berbeda dengan penguin, burung itu memilih untuk tidak terbang dan menyukai berenang di dalam air.

“Sayap penguin terus berevolusi selama ratusan bahkan ribuan tahun, dan menjadi lebih kecil. Akhirnya sayap itu benar-benar tidak bisa digunakan untuk terbang lagi,” ucap John. (eh

Iklan

Tentang muhammadarkhan

Seorang penulis yang suka membaca buku dan meminum teh.
Pos ini dipublikasikan di sains. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s