Terjawab, Mammoth Punah karena Meteor Raksasa

Mammoth

Tim peneliti dari Amerika Serikat mengumumkan temuan terbaru tentang penyebab kepunahan dari binatang raksasa mammoth pada zaman dahulu. Menurut mereka, kepunahan mammoth disebabkan oleh tabrakan meteor besar di Bumi.

Temuan terbaru ini merevisi penelitian sebelumnya yang menyatakan bahwa mammoth punah akibat perburuan yang dilakukan manusia prasejarah.

Diperkirakan sekitar 12.800 tahun lalu, sebuah meteor besar menghantam Bumi dan menghasilkan gas beracun di udara, seperti dilansir Softpedia, 23 Mei 2013.

Gas yang berjumlah besar itu diduga menghalangi sinar matahari yang masuk ke Bumi, sehingga menyebabkan temperatur Bumi menurun drastis.

Temperatur suhu Bumi yang merosot menyebabkan mammoth tidak lagi mampu bertahan hidup.

Menurut Profesor Kenneth Tankersley, antropolog sekaligus geolog di University of Cincinnati, AS, meteor yang masuk ke atmosfer Bumi itu terpecah menjadi 10 juta ton fragmen api beracun yang berhamburan di atas langit empat benua.

“Penelitian ini merevisi penelitian sebelumnya yang mengatakan bahwa manusia prasejarah yang menjadi penyebab mammoth mengalami kepunahan,” kata Tankersley.

Penelitian ini menegaskan, meteor bertanggung jawab atas kepunahan mammoth. Temuan terbaru ini berdasarkan hasil penelitian yang mempelajari beberapa fragmen meteor yang sudah terbakar di sejumlah benua di Bumi.

“Serangan meteor itu mengakibatkan terjadi perubahan iklim secara cepat. Perubahan iklim di seluruh dunia menyebabkan kepunahan massal makhluk-makhluk di Bumi, tak hanya mammoth,” ungkap Tankersley.

Hasil dari penelitian telah diterbitkan di Jurnal Proceeding of National Academy of Sciences.(ren)

Iklan

Tentang muhammadarkhan

Seorang penulis yang suka membaca buku dan meminum teh.
Pos ini dipublikasikan di sains. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s