4 Cara Sederhana Tingkatkan Kecerdasan Otak

197435_ilustrasi-otak_663_382  Seiring bertambahnya usia, banyak orang menghabiskan waktu untuk merawat tubuh agar tetap awet muda. Namun, bagaimana dengan kesehatan otak? Kerusakan sel tubuh juga mampu menurunkan fungsi otak. Biasanya ini ditandai dengan munculnya gejala pikun. Untuk menjaga fungsi kognisi, Anda cukup melakukan beberapa hal sederhana berikut:

 
Menonton film dokumenter 
 
Studi yang baru-baru ini diterbitkan di jurnal PLoS ONE mengatakan bahwa orang-orang yang menonton film dokumenter alam memiliki skor tes kemampuan bahasa yang lebih baik.
 
Orang-orang tersebut juga dilaporkan memiliki tingkat stres lebih rendah serta kualitas hidup yang lebih baik. Selain film dokumenter alam, para peneliti juga mengatakan bahwa permainan otak seperti games dan teka teki silang juga bermanfaat untuk menjaga ketajaman otak.
 
Jaga tingkat kolesterol
 
Dilansir huffingtonpost, sebuah studi di tahun 2009 menemukan fakta bahwa orang-orang berusia 40an dengan tingkat kolesterol tinggi berisiko menderita penyakit alzheimer dan demensia. Menurut para peneliti, apa yang bermanfaat bagi jantung, akan bermanfaat juga untuk pikiran. Untuk itu, Anda perlu menjaga konsumsi makanan terutama makanan dengan kolesterol tinggi.  
 
Perhatikan kesehatan gigi
 
Percaya atau tidak, mengunjungi dokter gigi dua kali dalam setahun dan membersihkan karang gigi tak hanya baik untuk gigi. Ini baik juga untuk pikiran. Sebuah studi yang belum lama ini dilakukan, menunjukkan bahwa kesehatan oral berhubungan dengan penurunan risiko demensia.
 
Para peneliti melakukan studi pada hampir 5.500 lansia dan menemukan fakta bahwa mereka yang menggosok gigi kurang dari satu kali sehari memiliki risiko terkena demensia 65 persen lebih tinggi dari mereka yang menggosok gigi paling sedikit sekali dalam sehari.
 
Konsumsi teh hijau
 
Sebuah studi yang dilakukan tahun 2012 lalu menunjukkan bahwa teh hijau mampu meningkatkan kemampuan kognitif, terutama bagi para pria. Hal ini karenakan kandungan flavonoid dalam teh yang merangsang bagian tertentu dalam otak Anda.
 
Sstudi lain juga menyebutkan bahwa teh hijau adalah salah satu bahan alami yang mampu mencegah alzheimer dan bermanfaat bagi otak.
 
sumber: viva.co.id
Iklan

Tentang muhammadarkhan

Seorang penulis yang suka membaca buku dan meminum teh.
Pos ini dipublikasikan di sains. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s