Tim Berners Lee

Tim Berners Lee. sumber: wikipedia.org

Tim Berners Lee. sumber: wikipedia.org

 

Sir Timothy John “Tim” Berners-Lee, KBE (TimBL atau TBL) (lahir di LondonInggris8 Juni 1955; umur 58 tahun) adalah penemu World Wide Web dan ketua World Wide Web Consortium, yang mengatur perkembangannya.

Pada 1980, ketika masih seorang kontraktor bebas di CERN, Berners-Lee mengajukan sebuah proyek yang berbasiskan konsep hiperteks (hypertext) untuk memfasilitasi pembagian dan pembaharuan informasi di antara para peneliti. Dengan bantuan dari Robert Cailliau dia menciptakan sistem prototipe bernama Enquire.

Setelah meninggalkan CERN untuk bekerja di John Poole’s Image Computer Systems Ltd, dia kembali pada 1984 sebagai seorang rekan peneliti. Dia menggunakan ide yang mirip yang telah dia gunakan pada Enquire untuk menciptakan World Wide Web, di mana dia mendesain dan membangunbrowser yang pertama (bernama WorldWideWeb dan dikembangkan dalam NeXTSTEP) dan server web pertama yang bernama httpd.

Situs web pertama yang dibuat Berners-Lee (dan oleh karena itu ia juga merupakan situs web pertama) beralamat di http://info.cern.ch/ (telahdiarsip) dan dimasukkan online untuk pertama kalinya pada 6 Agustus 1991.

Pada 1994, Berners-Lee mendirikan World Wide Web Consortium (W3C) di Massachusetts Institute of Technology.

Hingga kini, Berners-Lee masih tetap rendah hati dan tidak berkeinginan untuk mendapatkan status populer. Banyak yang masih tidak mengetahui kekuatan karya pria ini, World Wide Web.

Salah satu kontribusi terbesarnya dalam memajukan World Wide Web adalah dengan tidak mempatenkannya sehingga masih dapat digunakan secara bebas.

Pada 16 Juli 2004 dia diberi gelar kehormatan KBE oleh Ratu Elizabeth II sebagai penghormatan atas jasa-jasanya.

 

Karya

  • Spinning the Semantic Web: Bringing the World Wide Web to Its Full Potential Tim Berners-Lee (Foreword), Dieter Fensel (Editor), James Hendler (Editor), Henry Lieberman (Editor), Wolfgang Wahlster (Editor) (The MIT Press, 2005) ISBN 0-262-56212-X
  • Weaving the Web: Origins and Future of the World Wide Web, Tim Berners-Lee (Texere Publishing, 1999) ISBN 0-7528-2090-7
  • The World Wide Web (WWW) is so ubiquitous that it seems strange to think that it has only been around for a few years. Indeed, use of the WWW became widespread in the mid 1990’s, but its beginnings can actually be traced back to 1980 when Tim Berners-Lee, an Englishman who had recently graduated from Oxford, landed a temporary contract job as a software consultant at CERN ( the famous European Particle physics Laboratory in Geneva). He wrote a program, called Enquire, which he called a “memory substitute,” for his personal use to help him remember connections between various people and projects at the lab (Wright, 64). This was a very helpful tool since CERN was (and still is) a large international organization involving a multitude of researchers located around the world. (http://www.ibiblio.org/pioneers/lee.html).

Proposal Asli Tim Berners Lee Dalam Bahasa Indonesia

Manajemen Informasi : Proposal

Tim Berners – Lee , CERN
Maret 1989, Mei 1990
Proposal ini menyangkut pengelolaan informasi umum tentang akselerator dan eksperimen di CERN . Ini membahas masalah hilangnya informasi tentang sistem berkembang kompleks dan berasal solusi yang didasarkan pada sistem hypertext terdistribusi .

 

Ikhtisar

Banyak diskusi masa depan di CERN dan era akhir LHC dengan pertanyaan – ª Ya, tapi bagaimana kita bisa melacak seperti proyek besar º Proposal ini menyediakan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut ? . Pertama , membahas masalah akses informasi di CERN . Kemudian , memperkenalkan gagasan sistem informasi terkait , dan membandingkan mereka dengan cara yang kurang fleksibel untuk menemukan informasi .

Kemudian meringkas pengalaman singkat saya dengan sistem teks non – linear dikenal sebagai ª º hypertext , menggambarkan apa CERN kebutuhan dari sistem tersebut , dan apa industri dapat memberikan . Akhirnya , ini menunjukkan langkah-langkah yang harus kita ambil untuk melibatkan diri dengan hypertext sekarang , sehingga secara individual dan kolektif kita bisa mengerti apa yang kita ciptakan.

Kehilangan Informasi di CERN

CERN adalah organisasi indah . Ini melibatkan beberapa ribu orang , banyak dari mereka sangat kreatif , semua bekerja menuju tujuan bersama . Meskipun mereka nominal diatur dalam struktur manajemen hirarkis , ini tidak membatasi cara orang akan berkomunikasi , dan berbagi informasi , peralatan dan perangkat lunak di seluruh kelompok .

Sebenarnya struktur kerja diamati organisasi adalah kalikan terhubung ” web ” yang interkoneksi berkembang dengan waktu . Dalam lingkungan ini , orang baru tiba , atau seseorang mengambil tugas baru , biasanya diberikan beberapa petunjuk mengenai siapa yang akan menjadi orang yang berguna untuk berbicara dengan . Informasi tentang apa yang ada fasilitas dan bagaimana untuk mengetahui tentang mereka perjalanan dalam gosip koridor dan newsletter sesekali , dan rincian tentang apa yang perlu dilakukan menyebar dengan cara yang sama . Semua hal dipertimbangkan , hasilnya sangat berhasil , meskipun sesekali kesalahpahaman dan usaha digandakan .

Suatu masalah , bagaimanapun, adalah omset tinggi orang . Ketika dua tahun adalah panjang khas tinggal, informasi terus-menerus hilang . Pengenalan orang baru menuntut cukup banyak waktu mereka dan orang lain sebelum mereka memiliki gagasan tentang apa yang terjadi . Rincian teknis proyek-proyek masa lalu kadang-kadang hilang selamanya , atau hanya pulih setelah penyelidikan detektif dalam keadaan darurat . Seringkali , informasi yang telah direkam, itu hanya tidak dapat ditemukan .

Jika eksperimen CERN adalah pengembangan sekali hanya statis, semua informasi tersebut dapat ditulis dalam sebuah buku besar . Seperti itu , CERN terus berubah sebagai ide-ide baru diproduksi , sebagai teknologi baru menjadi tersedia , dan dalam rangka untuk mendapatkan sekitar masalah teknis yang tak terduga . Ketika perubahan itu diperlukan, biasanya hanya mempengaruhi sebagian kecil dari organisasi . Alasan lokal muncul untuk mengubah bagian dari eksperimen atau detektor . Pada titik ini , kita harus menggali sekitar untuk mencari tahu apa bagian lain dan orang-orang akan terpengaruh . Menjaga buku up to date menjadi tidak praktis , dan struktur buku ini perlu terus direvisi .

Jenis informasi yang kita bicarakan jawaban , misalnya, pertanyaan seperti

Dimana modul ini digunakan ?
Siapa yang menulis kode ini ? Di mana dia bekerja?
Dokumen apa ada tentang konsep itu?
Yang laboratorium yang termasuk dalam proyek itu?
Sistem yang tergantung pada perangkat ini ?
Dokumen apa lihat yang satu ini ?
Masalah kehilangan informasi mungkin sangat akut di CERN , tetapi dalam kasus ini ( seperti pada orang lain tertentu ) , CERN adalah model miniatur dari seluruh dunia dalam waktu beberapa tahun . CERN bertemu sekarang beberapa masalah yang seluruh dunia akan menghadapi segera. Dalam 10 tahun , mungkin ada banyak solusi komersial untuk masalah di atas , sementara hari ini kita perlu sesuatu untuk memungkinkan kita untuk melanjutkan .

Sistem informasi terkait

Dalam memberikan sistem untuk memanipulasi informasi semacam ini , harapan akan memungkinkan kolam informasi untuk mengembangkan yang dapat tumbuh dan berkembang dengan organisasi dan proyek-proyek yang menjelaskan . Untuk ini menjadi mungkin , metode penyimpanan tidak boleh menempatkan pembatasan sendiri pada informasi. Inilah sebabnya mengapa ” web ” catatan dengan link ( seperti referensi ) di antara mereka jauh lebih berguna daripada sistem hirarki tetap. Ketika menjelaskan sistem yang kompleks, banyak orang resor untuk diagram dengan lingkaran dan anak panah . Lingkaran dan panah meninggalkan satu gratis untuk menggambarkan keterkaitan antara hal-hal dengan cara yang tabel , misalnya , tidak. Sistem yang kami butuhkan adalah seperti diagram lingkaran dan anak panah , di mana lingkaran dan panah dapat berdiri untuk apa pun .

Kita bisa menyebutnya lingkaran node , dan link panah . Misalkan setiap node seperti catatan kecil , artikel ringkasan , atau komentar . Aku tidak peduli atas sini dengan apakah memiliki teks atau grafis atau keduanya . Idealnya , itu merupakan atau menjelaskan satu orang tertentu atau objek . Contoh node dapat

orang-orang
modul perangkat lunak
Kelompok orang
proyek
konsep
dokumen
Jenis hardware
Benda hardware tertentu
Panah yang menghubungkan lingkaran ke lingkaran A B dapat berarti , misalnya, bahwa A. ..

tergantung pada B
merupakan bagian dari B
membuat B
mengacu ke B
menggunakan B
adalah contoh dari B
Ini lingkaran dan anak panah , node dan link , memiliki arti yang berbeda di berbagai macam diagram konvensional :

Nodes Diagram adalah Arrows berarti
Keluarga pohon People ” Apakah induk ”
Dataflow diagram Software modul ” Passes data ke ”
Modul Ketergantungan ” Tergantung pada ”
PERT grafik Tugas ” Harus dilakukan sebelum ”
Bagan Organisasi Rakyat ” Laporan untuk”
Sistem harus memungkinkan apapun informasi yang akan dimasukkan . Orang lain harus mampu menemukan informasi , kadang-kadang tanpa tahu apa yang ia cari .

Dalam prakteknya , hal ini berguna untuk sistem yang akan mengetahui jenis generik hubungan antara item ( ketergantungan , misalnya) , dan jenis node ( orang, benda , dokumen .. ) tanpa memaksakan batasan.

Masalah dengan pohon-pohon

Banyak sistem yang terorganisir secara hirarkis . Dokumentasi sistem CERNDOC adalah contoh , seperti sistem file Unix , dan VMS / HELP sistem . Sebuah pohon memiliki keuntungan praktis memberikan setiap simpul nama yang unik . Namun, tidak memungkinkan sistem untuk memodelkan dunia nyata . Sebagai contoh, dalam sistem BANTUAN hierarki seperti VMS / HELP, kita sering sampai ke daun di pohon seperti

BANTUAN COMPILER SOURCE_FORMAT pragmas DEFAULTS
hanya untuk menemukan referensi ke daun lain: ” Silakan lihat

BANTUAN compiler COMMAND PILIHAN DEFAULTS pragmas ”
dan perlu untuk meninggalkan sistem dan masukkan kembali . Apa yang dibutuhkan adalah sebuah link dari satu node ke yang lain , karena dalam hal ini informasi itu tidak alami disusun menjadi pohon .

Contoh lain dari sistem struktur pohon adalah sistem Berita uucp (coba ‘ rn ‘ di bawah Unix ) . Ini adalah sistem hirarkis diskusi ( ” newsgroup ” ) masing-masing berisi artikel disumbangkan oleh banyak orang . Ini adalah metode yang sangat berguna penyatuan keahlian , tetapi menderita kaku pohon . Biasanya , sebuah diskusi di bawah satu newsgroup akan berkembang menjadi topik yang berbeda , di mana titik itu seharusnya di bagian yang berbeda dari pohon . ( Lihat Gambar 1 ) .

Dari mcvax ! UUNET ! Pyrdc ! Pyrnj ! Rutgers ! Bellcore ! Geppetto ! Duncan Thu Maret ..
Pasal 93 alt.hypertext :
Path: ! ! ! Cernvax mcvax UUNET pyrdc pyrnj Rutgers Bellcore Geppetto duncan
> Dari : duncan@geppetto.ctt.bellcore.com ( Scott Duncan )
Newsgroup: alt.hypertext
Perihal : Re : Ancaman ke jaringan informasi gratis
Message-ID : < 14646@bellcore.bellcore.com >
Tanggal : 10 Mar 89 21:00:44 GMT
Referensi : < 1784.2416BB47 @ isishq.FIDONET.ORG > < 3437@uhccux.uhcc …
Pengirim : news@bellcore.bellcore.com
Reply-To : duncan@ctt.bellcore.com ( Scott Duncan )
Organisasi : Teknologi Komputer Transfer , Bellcore
Lines: 18

Doug Thompson telah menulis apa yang saya rasakan adalah sebuah artikel mendalam tentang
sensor – penerimaan saya atau penolakan poin adalah tidak
terutama erat dengan postingan ini, namun.

Dalam jawabannya Greg Lee telah agak tersely keberatan .

Pertanyaan saya (dan alasan untuk posting ini) adalah untuk bertanya di mana kita mungkin
logis mengambil masalah ini untuk didiskusikan lebih lanjut . entah bagaimana alt.hypertext
tampaknya tidak menjadi tempat yang tepat .

Apakah orang merasa tepat untuk pindah ke alt.individualism atau bahkan
salah satu kelompok soc . Saya tidak terlalu peduli dengan spesifik
masalah sensor rec.humor.funny , tetapi pandangan yang disajikan dalam
Artikel Greg .

Berbicara hanya untuk diri saya sendiri , tentu saja , saya …
Scott P. Duncan ( duncan@ctt.bellcore.com ATAU … ! Bellcore ! Ctt ! Duncan )
( Bellcore , 444 Cangkul Lane RRC 1H – 210 , Piscataway , NJ … )
(201-699-3910 ( w ) 201-463-3683 ( h) )
Gambar 1 . Sebuah artikel dalam skema Berita UUCP .
Bidang Subyek memungkinkan catatan pada topik yang sama untuk dihubungkan bersama-sama dalam ” newsgroup ” . Nama newsgroup ( alt.hypertext ) adalah nama hirarkis . Ini catatan khusus adalah mengungkapkan masalah dengan struktur pohon yang ketat dari skema : diskusi ini berkaitan dengan beberapa daerah . Perhatikan bahwa ” Referensi ” , ” From” dan bidang ” Subject” semua dapat digunakan untuk menghasilkan link .

Masalah dengan kata kunci

Kata kunci adalah metode umum untuk mengakses data mana yang tidak memiliki koordinat yang tepat . Masalah biasa dengan kata kunci , bagaimanapun, adalah bahwa dua orang tidak pernah memilih kata kunci yang sama . Kata kunci yang kemudian menjadi berguna hanya untuk orang-orang yang sudah tahu aplikasi baik .

Sistem kata kunci praktis ( seperti yang dari VAX / CATATAN misalnya) memerlukan kata kunci untuk didaftarkan . Ini sudah merupakan langkah ke arah yang benar . Sebuah sistem terkait mengambil ini ke langkah logis berikutnya . Kata kunci dapat node yang berdiri untuk konsep . Sebuah simpul kunci kemudian tidak berbeda dari node lain . Satu dapat menghubungkan dokumen , dll, untuk kata kunci . Satu kemudian dapat menemukan kata kunci dengan mencari setiap node yang mereka terkait . Dengan cara ini , dokumen tentang topik yang sama secara tidak langsung terkait , melalui konsep-konsep utama mereka . Sebuah pencarian kata kunci kemudian menjadi pencarian dimulai dari sejumlah kecil bernama node , dan menemukan node yang dekat dengan mereka semua .

Itu untuk alasan inilah saya pertama kali membuat sebuah sistem informasi yang terkait kecil , tidak menyadari bahwa istilah sudah diciptakan untuk ide : ” hypertext ” .

Sebuah solusi : Hypertext

Pengalaman Pribadi dengan Hypertext

Pada tahun 1980 , saya menulis sebuah program untuk melacak perangkat lunak dengan yang saya terlibat dalam sistem kontrol PS . Disebut Enquire , itu memungkinkan seseorang untuk menyimpan potongan informasi , dan untuk menghubungkan potongan terkait bersama-sama dengan cara apapun . Untuk mendapatkan informasi , salah satu berkembang melalui link dari satu lembar yang lain , bukan seperti dalam permainan komputer lama ” petualangan ” . Saya menggunakan ini untuk catatan pribadi saya orang dan modul . Itu mirip dengan Hypercard aplikasi diproduksi baru-baru ini oleh Apple untuk Macintosh . Sebuah perbedaan adalah bahwa Enquire , meskipun kurang grafis mewah , berjalan pada sebuah sistem multiuser , dan memungkinkan banyak orang untuk mengakses data yang sama .

Dokumentasi dari proyek RPC ( konsep )
Sebagian besar dokumentasi tersedia pada VMS , dengan dua
manual prinsip yang disimpan dalam sistem CERNDOC .

1 ) meliputi : The VAX / CATATAN konferensi VXCERN :: RPC
2 ) meliputi : Test dan Contoh Suite
3 ) meliputi : BUG RPC DAFTAR
4 ) meliputi : RPC Sistem : Panduan Penerapan
Informasi untuk pemeliharaan, port , dll
5 ) meliputi : Strategi Pembangunan Disarankan untuk Aplikasi RPC
6 ) meliputi : ” Catatan tentang RPC ” , Draft 1 , 20 Feb 86
7 ) meliputi : ” Catatan tentang Usulan RPC Pembangunan ” 18 Feb 86
8 ) meliputi : RPC User Manual
Bagaimana membangun dan menjalankan sistem terdistribusi .
9 ) meliputi : Draft Spesifikasi dan Catatan Pelaksanaan
10 ) meliputi : Fasilitas BANTUAN RPC
11 ) menjelaskan : THE REMOTE PROSEDUR PROYEK PANGGILAN di DD / OC

 

 

Bantuan Tampilan Pilih Kembali Keluar Mark Goto_mark Link Tambahkan Sunting
Gambar 2 . Sebuah layar dalam Enquire skema .
Contoh ini pada dasarnya adalah sebuah daftar, sehingga daftar link lebih penting daripada teks pada node itu sendiri . Perhatikan bahwa setiap link memiliki tipe ( ” termasuk ” misalnya) dan mungkin juga memiliki komentar yang terkait dengannya . ( Intinya adalah menu bar . )

Segera setelah saya kembali tiba di CERN di divisi DD , saya menemukan bahwa lingkungan itu mirip dengan yang di PS , dan aku rindu Enquire . Karena itu saya menghasilkan versi untuk VMS , dan telah digunakan untuk melacak proyek , orang , kelompok , eksperimen , modul perangkat lunak dan perangkat keras yang saya telah bekerja . Saya telah menemukan itu secara pribadi sangat berguna . Saya telah membuat tidak ada usaha untuk membuatnya cocok untuk konsumsi umum , tetapi telah menemukan bahwa beberapa orang telah berhasil digunakan untuk menelusuri proyek dan mencari tahu segala macam hal atas kemauan sendiri .

Hot spot

Sementara itu, beberapa program telah dibuat mengeksplorasi ide-ide ini , baik komersial dan akademis . Sebagian besar dari mereka menggunakan ” hot spot ” dalam dokumen , seperti ikon , atau frase yang disorot , sebagai daerah sensitif . menyentuh hot spot dengan mouse menampilkan informasi yang relevan , atau memperluas teks pada layar untuk memasukkannya . Bayangkan , saat itu, referensi dalam dokumen ini , semua yang terkait dengan alamat jaringan hal yang mereka disebut , sehingga saat membaca dokumen ini Anda bisa melewati mereka dengan klik mouse .

” Hypertext ” adalah istilah yang diciptakan pada tahun 1950 oleh Ted Nelson [ … ] , yang telah menjadi populer untuk sistem ini , meskipun digunakan untuk merangkul dua ide yang berbeda . Satu ide ( yang relevan dengan masalah ini ) adalah konsep : ” Hypertext ” : Informasi Manusia dapat dibaca dihubungkan bersama dengan cara yang tak terbatas .

Ide lain, yang independen dan sebagian besar soal teknologi dan waktu , adalah dokumen multimedia yang meliputi grafis , ucapan, dan video. Saya tidak akan membahas aspek yang terakhir ini lebih lanjut di sini , meskipun saya akan menggunakan kata ” Hypermedia ” untuk menunjukkan bahwa seseorang tidak terikat untuk teks.

Sudah sulit untuk menilai efek dari sistem hypermedia besar di suatu organisasi , sering kali karena sistem ini tidak pernah serius menggunakan skala besar . Untuk alasan ini , kita memerlukan sejumlah besar informasi yang ada harus dapat diakses menggunakan sistem manajemen informasi baru .

Persyaratan CERN

Untuk menjadi sebuah sistem praktis dalam lingkungan CERN , ada sejumlah persyaratan praktis yang jelas .

Akses remote melalui jaringan .

CERN didistribusikan , dan akses dari remote mesin sangat penting .

keheterogenan

Akses yang diperlukan untuk data yang sama dari berbagai jenis sistem ( VM / CMS , Macintosh , VAX / VMS , Unix )

Non- Sentralisasi

Sistem informasi mulai dari kecil dan tumbuh . Mereka juga mulai diisolasi dan kemudian bergabung . Sebuah sistem baru harus memungkinkan sistem yang ada untuk dihubungkan bersama-sama tanpa memerlukan kontrol pusat atau koordinasi .

Akses ke data yang ada

Jika kita menyediakan akses ke database yang ada seolah-olah mereka berada dalam bentuk hypertext , sistem akan turun tanah lebih cepat . Hal ini dibahas lebih lanjut di bawah .

Link pribadi

Satu harus dapat menambahkan link pribadi seseorang ke dan dari informasi publik . Satu juga harus mampu untuk membubuhi keterangan link, serta node , pribadi .

Bells dan Whistles

Penyimpanan teks ASCII , dan ditampilkan pada layar 24×80 , adalah dalam jangka pendek yang cukup , dan penting . Penambahan grafis akan menjadi opsional ekstra dengan penetrasi yang sangat jauh lebih sedikit untuk saat ini .

analisis data

Sebuah kemungkinan menarik , mengingat database hypertext besar dengan link diketik , yang memungkinkan beberapa derajat analisis otomatis . Hal ini dimungkinkan untuk mencari , misalnya , untuk anomali seperti software didokumentasikan atau divisi yang tidak mengandung orang . Hal ini dimungkinkan untuk membuat daftar orang atau perangkat untuk keperluan lain , seperti milis orang untuk diberitahu tentang perubahan . Hal ini juga memungkinkan untuk melihat topologi dari suatu organisasi atau proyek , dan menarik kesimpulan tentang bagaimana harus dikelola , dan bagaimana hal itu bisa berkembang . Hal ini sangat berguna ketika database menjadi sangat besar , dan kelompok proyek , misalnya, sehingga terjalin untuk membuat sulit untuk melihat kayu untuk pohon.

Di tempat yang kompleks seperti CERN , itu tidak selalu jelas bagaimana membagi orang ke dalam kelompok . Bayangkan membuat model tiga dimensi besar, dengan masyarakat yang diwakili oleh lingkungan kecil , dan string antara orang yang memiliki sesuatu yang sama di tempat kerja .

Sekarang bayangkan mengambil struktur dan gemetar , sampai Anda membuat beberapa rasa kusut : mungkin , Anda melihat kelompok erat di beberapa tempat , dan di beberapa tempat daerah lemah komunikasi direntang oleh hanya beberapa orang . Mungkin sistem informasi terkait akan memungkinkan kita untuk melihat struktur nyata dari organisasi di mana kita bekerja .

hidup Link

Data yang link ( atau hot spot ) mengacu mungkin sangat statis , atau mungkin bersifat sementara . Dalam banyak kasus di CERN informasi tentang keadaan sistem berubah sepanjang waktu . Hypertext memungkinkan dokumen yang akan dihubungkan ke dalam data ” hidup ” sehingga setiap kali link diikuti , informasi tersebut diambil . Jika salah satu pengorbanan portabilitas , adalah mungkin sehingga membuat menyusul kebakaran tautan sebuah aplikasi khusus , sehingga program diagnostik , misalnya, dapat dikaitkan langsung ke buku pemeliharaan.

non persyaratan

Diskusi pada Hypertext kadang-kadang menangani masalah penegakan hak cipta dan keamanan data . Ini adalah kepentingan sekunder di CERN , di mana pertukaran informasi masih lebih penting daripada kerahasiaan . Otorisasi dan sistem akuntansi untuk hypertext dibayangkan dapat dirancang yang sangat canggih , tetapi mereka tidak diusulkan di sini .

Dalam kasus di mana referensi harus dilakukan dengan data yang sebenarnya dilindungi , sistem perlindungan file yang ada harus memadai.

Aplikasi tertentu

Berikut ini adalah tiga contoh tempat-tempat tertentu di mana sistem yang diusulkan akan segera berguna . Ada banyak orang lain .

Pembangunan Proyek Dokumentasi .

Remote Prosedur proyek Panggilan memiliki gambaran kerangka menggunakan Enquire . Meskipun terbatas , sangat berguna untuk merekam yang melakukan apa , di mana mereka berada , apa ada dokumen , dll Juga , seseorang dapat melacak pengguna , dan dapat dengan mudah menambahkan setiap bit sedikit tambahan informasi yang datang ke tangan dan tidak punya tempat lain untuk diletakkan . Cross- link ke proyek lain , dan database yang berisi informasi tentang orang dan dokumen akan sangat berguna , dan menyimpan duplikasi informasi .

Pengambilan dokumen .

Sistem CERNDOC menyediakan mekanisme penyimpanan dan mencetak dokumen . Sebuah sistem terkait akan memungkinkan seseorang untuk menelusuri konsep, dokumen , sistem dan penulis , juga memungkinkan referensi antara dokumen yang akan disimpan . ( Setelah dokumen telah ditemukan , mesin yang ada bisa dipakai untuk mencetak atau menampilkannya ) .

“Personal Keterampilan Persediaan ” .

Keterampilan pribadi dan pengalaman adalah hanya semacam hal yang membutuhkan fleksibilitas hypertext . Orang dapat dikaitkan dengan proyek-proyek mereka telah bekerja pada , yang pada gilirannya dapat dihubungkan dengan mesin tertentu , bahasa pemrograman , dll

Negara Seni di Hypermedia

Peningkatan jumlah pekerjaan yang sedang dilakukan dalam penelitian hypermedia di universitas dan laboratorium penelitian komersial , dan beberapa sistem komersial telah menghasilkan . Ada dua konferensi , Hypertext ’87 dan ’88 , dan di Washington DC , Institut Nasional Standar dan Teknologi ( NST ) menyelenggarakan lokakarya pada standardisasi di hypertext , tindak lanjut yang akan terjadi selama tahun 1990 .

Komunikasi dari edisi khusus ACM pada Hypertext mengandung banyak referensi untuk makalah hypertext . Sebuah bibliografi pada hypertext diberikan dalam [ NIST90 ] , dan uucp newsgroup alt.hypertext ada. Aku tidak , karena itu, memberikan daftar di sini .

Browsing teknik

Banyak penelitian akademik ke sisi antarmuka manusia browsing melalui ruang informasi yang kompleks . Masalah yang dibahas adalah orang-orang membuat navigasi yang mudah , dan menghindari perasaan yang ” hilang dalam hyperspace ” . Sementara hasil penelitian yang menarik , banyak pengguna di CERN akan mengakses sistem menggunakan terminal primitif , dan gaya jendela begitu maju tidak begitu penting bagi kita sekarang .

Interkoneksi atau publikasi ?

Kebanyakan sistem yang tersedia saat ini menggunakan database tunggal . Hal ini diakses oleh banyak pengguna dengan menggunakan sistem berkas terdistribusi . Ada beberapa produk yang mengambil ide Ted Nelson dari ” docuverse ” lebar harfiah dengan memungkinkan hubungan antara node dalam database yang berbeda . Untuk melakukan hal ini , beberapa standarisasi akan diperlukan . Namun, pada lokakarya standarisasi , penekanannya adalah pada standarisasi format untuk media tukar , maupun untuk jaringan . Hal ini dipicu oleh dorongan yang kuat terhadap pemberian informasi hypermedia , misalnya pada disk optik . Tampaknya ada konsensus umum tentang model data abstrak yang sistem hypertext harus menggunakan .

Banyak sistem telah disatukan dengan sedikit atau tanpa memperhatikan portabilitas , sayangnya . Beberapa orang lain , meskipun diterbitkan , adalah perangkat lunak berpemilik yang tidak untuk rilis eksternal . Namun, ada beberapa proyek menarik dan lebih banyak muncul sepanjang waktu . Digital ” Compound Document Architecture ” ( CDA ) , misalnya, adalah model data yang mungkin diperpanjang menjadi model hypermedia , dan ada rumor bahwa ini adalah cara Digital ingin pergi .

Insentif dan CALS

Departemen Pertahanan AS telah memberikan insentif besar untuk penelitian hypermedia oleh, pada dasarnya, menentukan hypermedia dokumentasi untuk pengadaan masa depan . Ini berarti bahwa semua manual untuk suku cadang untuk peralatan pertahanan harus disediakan dalam bentuk hypermedia . Para CALS akronim singkatan ª Akuisisi Computer-aided dan Dukungan Logistik) .

Ada juga banyak dukungan dari industri penerbitan , dan dari pustakawan yang tugasnya adalah untuk mengatur informasi .

Apa yang akan terlihat seperti sistem ?

Mari kita lihat apa komponen sistem hypertext di CERN harus memiliki . Satu-satunya cara di mana fleksibilitas yang cukup dapat dimasukkan adalah untuk memisahkan perangkat lunak penyimpanan informasi dari perangkat lunak menampilkan informasi , dengan antarmuka yang didefinisikan dengan baik di antara mereka . Mengingat kebutuhan untuk akses jaringan , adalah wajar untuk membiarkan antarmuka ini bersih bertepatan dengan pembagian fisik antara pengguna dan mesin basis data jauh .

Divisi ini juga penting untuk memungkinkan heterogenitas yang dibutuhkan di CERN ( dan akan menjadi keuntungan bagi dunia secara umum ) .
Gambar 2 . Seorang klien / server model untuk sistem hypertext terdistribusi .

Oleh karena itu , fase penting dalam desain sistem adalah untuk mendefinisikan interface ini . Setelah itu , pengembangan berbagai bentuk tampilan program dan database server dapat dilanjutkan secara paralel . Ini akan telah dilakukan dengan baik jika banyak sumber informasi yang berbeda , masa lalu , sekarang dan masa depan , dapat dipetakan ke definisi , dan jika banyak program antarmuka manusia yang berbeda dapat ditulis selama bertahun-tahun untuk mengambil keuntungan dari teknologi baru dan standar .

Mengakses data yang ada

Sistem harus mencapai kegunaan kritis sejak dini . Ada sistem hypertext harus membenarkan diri mereka sendiri hanya pada data baru . Namun, jika ada dasar yang ada data personil , misalnya , yang data baru dapat dikaitkan , nilai masing-masing bagian baru data akan lebih besar .

Apa yang diperlukan adalah program gerbang yang akan memetakan struktur yang ada ke model hypertext , dan memungkinkan terbatas (mungkin read-only ) akses ke sana . Ini mengambil bentuk dari sebuah server hypertext ditulis untuk memberikan informasi yang ada dalam bentuk yang cocok dengan antarmuka standar. Satu tidak akan membayangkan server benar-benar menghasilkan database hypertext dari dan ada satu : melainkan akan menghasilkan hypertext pandangan database yang sudah ada .
Gambar 3 . Sebuah gateway hypertext memungkinkan data yang ada harus dilihat dalam bentuk hypertext oleh browser hypertext .
Beberapa contoh sistem yang dapat dihubungkan dengan cara ini

uucp Berita
Ini adalah sistem konferensi elektronik Unix . Sebuah server untuk uucp berita bisa membuat link antara catatan pada subjek yang sama , serta menunjukkan struktur dari konferensi .
VAX / Catatan
Ini adalah sistem konferensi elektronik Digital . Memiliki cukup luas berikut di Fermilab , tapi lebih sedikit di CERN . Topologi konferensi cukup membatasi .
CERNDOC
Ini adalah pendaftaran dokumen dan sistem distribusi berjalan pada mesin VM CERN . Serta dokumen-dokumen , kategori dan proyek , kata kunci dan penulis meminjamkan diri untuk representasi hypertext node .
file systems
Hal ini akan memungkinkan file apapun untuk di-link dari dokumen hypertext lainnya .
Buku Telepon
Bahkan ini bahkan bisa dipandang sebagai hypertext , dengan link antara manusia dan bagian , bagian dan kelompok , orang-orang dan lantai bangunan , dll
Manual unix
Ini adalah tubuh besar teks dibaca komputer , saat ini diselenggarakan dengan cara datar, tetapi juga berisi informasi link dalam format standar ( ” Lihat juga .. ” ) .
database
Sebuah alat generik mungkin dapat dibuat untuk memungkinkan database yang menggunakan DBMS komersial yang akan ditampilkan sebagai tampilan hypertext .
Dalam beberapa kasus , menulis server ini akan berarti unscrambling atau memperoleh rincian protokol yang ada dan / atau format file . Ini mungkin tidak praktis untuk menyediakan fungsionalitas penuh dari sistem yang asli melalui hypertext . Secara umum, itu akan menjadi lebih penting untuk memungkinkan akses baca kepada masyarakat umum : mungkin bahwa ada sejumlah orang yang memberikan informasi , dan bahwa mereka puas untuk menggunakan fasilitas yang ada .

Kadang-kadang mungkin untuk meningkatkan sistem penyimpanan yang ada dengan coding informasi hypertext dalam , jika ada yang tahu bahwa server akan menghasilkan representasi hypertext . Dalam artikel ‘berita’ , misalnya , orang bisa menggunakan ( dalam teks ) format standar untuk referensi ke artikel lain . Hal ini akan dipilih oleh gateway hypertext dan digunakan untuk menghasilkan link ke catatan itu. Ini semacam peningkatan akan memungkinkan integrasi yang lebih besar antara sistem lama dan baru .

Akan selalu ada sejumlah besar sistem informasi manajemen – kami mendapatkan banyak tambahan kegunaan dari mampu untuk cross- menghubungkan mereka . Namun, kami akan kalah jika kita mencoba untuk membatasi mereka , seperti yang kita akan mengecualikan sistem dan menghambat evolusi hypertext pada umumnya .

kesimpulan

Kita harus bekerja menuju sistem informasi terkait yang universal , di mana umum dan portabilitas yang lebih penting daripada teknik grafis mewah dan fasilitas tambahan yang kompleks .

Tujuannya adalah untuk memungkinkan tempat dapat ditemukan untuk setiap informasi atau referensi yang salah satu merasa penting , dan cara untuk menemukan setelah itu . Hasilnya harus cukup menarik untuk menggunakan bahwa informasi yang terkandung akan tumbuh melewati ambang batas kritis , sehingga kegunaan skema pada gilirannya akan mendorong peningkatan penggunaan .

Pengesahan batas ini dipercepat dengan memungkinkan database yang ada besar untuk dihubungkan bersama-sama dan dengan yang baru .

Sebuah Proyek Praktis

Di sini saya menyarankan langkah-langkah praktis untuk pergi ke dalam rangka untuk menemukan solusi nyata di CERN . Setelah diskusi awal persyaratan yang tercantum di atas , sebuah survei dari apa yang tersedia dari industri jelas diperlukan . Pada tahap ini , kami akan mencari sistem yang adalah masa depan -bukti :

portabel , atau didukung pada banyak platform ,
Diperpanjang dengan format data baru .
Kita mungkin menemukan bahwa dengan sedikit adaptasi , pars dari sistem yang kita butuhkan dapat dikombinasikan dari berbagai sumber : misalnya , browser dari satu sumber dengan database dari yang lain .

Saya membayangkan bahwa dua orang selama 6 sampai 12 bulan akan cukup untuk tahap proyek .

Fase kedua hampir pasti akan melibatkan beberapa program dalam rangka untuk membuat sebuah sistem yang nyata di CERN pada banyak mesin . Suatu bagian penting dari ini , dibahas di bawah ini , adalah integrasi sistem hypertext dengan data yang ada , sehingga memberikan suatu sistem universal , dan untuk mencapai manfaat penting pada tahap awal .

( … Dan ya , ini akan memberikan proyek yang sangat baik yang dapat digunakan untuk mencoba teknik pemrograman berorientasi obyek baru kami ! ) TBL Maret 1989, Mei.

“Siapapun yang telah lupa waktu saat menggunakan komputer tahu kecenderungan untuk bermimpi, dorongan untuk membuat mimpi menjadi kenyataan dan kecenderungan untuk melewatkan makan siang.”-Tim Berners Lee

Iklan

Tentang muhammadarkhan

Seorang penulis yang suka membaca buku dan meminum teh.
Sampingan | Pos ini dipublikasikan di tokoh. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s