Akuisi Nokia Oleh Microsoft

icon Nokia. sumber: asosiated press

icon Nokia. sumber: asosiated press

Sejak bekerja sama mengembangkan ekosistem Windows Phone, antara Microsoft dan Nokia menjalin hubungan mesra dan eksklusif. Kedekatan inilah yang membuat Microsoft dirumorkan tertarik untuk mengakuisisi Nokia, produsen ponsel pintar Windows Phone terbesar di dunia melalui lini produk seri Lumia.

Niat Microsoft itu ternyata menjadi kenyataan. Perusahaan teknologi asal Redmond, AS, itu akan mengakuisisi unit bisnis perangkat dan layanan Nokia. Jika transaksi akuisisi ini rampung pada awal 2014, Microsoft berhak atas lisensi paten, properti, sampai karyawan Nokia.

Kesepakatan antara keduanya terdiri atas banyak pertimbangan dan perjanjian. Mengutip dariAllThingsDKompasTekno coba merangkum ikhtisar akuisisi Microsoft atas Nokia yang disajikan dalam angka:

– Microsoft mengeluarkan total dana 7,2 miliar dollar AS (sekitar Rp 79 triliun) untuk mengakuisisi unit bisnis perangkat dan layanan bisnis Nokia

– Dari jumlah tersebut, 5 miliar dollar AS dikeluarkan untuk nilai unit bisnis perangkat dan layananan bisnis Nokia

– Sisanya, sebesar 2,2 miliar dollar AS dipakai untuk membeli portofolio hak kekayaan intelektual atau paten Nokia

– Nokia memiliki 8.500 paten desain

– Microsoft juga akan memiliki sekitar 30.000 paten dan aplikasi paten

– Sekitar 32.000 karyawan Nokia rencananya akan ditransfer ke Microsoft

– Sekitar 18.300 karyawan terlibat langsung dalam pembuatan produk Nokia

– Setelah transaksi akuisisi selesai, sebanyak 56.000 karyawan akan tetap bekerja untuk Nokia

– Menurut lembaga riset IDC, ada 8,7 juta unit ponsel berbasis Microsoft Windows Phone yang dikirimkan ke seluruh belahan dunia pada kuartal kedua 2013. Dengan ini Windows Phone memiliki pangsa pasar 3,7 persen.

– Nokia menguasai 49,4 persen pangsa pasar ponsel pintar tahun 2007. Di musim gugur 2012, pangsa pasar ponsel pintar Nokia turun menjadi 4,3 persen

– Microsoft mengklaim Windows Phone memiliki pangsa pasar lebih dari 10 persen di 9 negara

– Microsoft kembali mengklaim, Windows Phone telah mengalahkan BlackBerry di 34 negara

– Nokia menjadi produsen Windows Phone terbesar melalui lini produk seri Lumia. Nokia menyumbang 81,6 persen dari semua ponsel Windows Phone yang dikirimkan pada kuartal kedua 2013

– Sebelum ada kesepakatan akuisisi, margin kotor Microsoft atas penjualan ponsel Nokia Lumia hanya 10 dollar AS

– Setelah kesepakatan akuisisi, Microsoft diharapkan mendapat margin kotor sebesar 40 dollar ASdari setiap ponsel Nokia Lumia yang terjual.

 

5 Karya Ikonik Nokia Untuk Dunia

Nokia 1011. sumber: kompas.com

Nokia 1011. sumber: kompas.com

 

Nokia 1011

Pertama kali diperkenalkan pada 10 November 1992, ponsel ini terlihat lebih mirip telepon rumah ketimbang perangkat portabel yang bisa dibawa ke mana-mana.

Nokia 1011 adalah ponsel GSM (Global System for Mobile communications) pertama yang diproduksi massal, sehingga membantu penyebaran teknologi seluler itu menjadi yang paling banyak dipakai di dunia.

Nokia 3210. sumber: kompas.com

Nokia 3210. sumber: kompas.com

2.Ponsel Murah Meriah

“Handphone sejuta umat”, label ini kerap digunakan untuk menyebut model-model seperti Nokia 3210 dan 5110 yang sangat populer di awal abad ke-21, terutama di kalangan pengguna muda karena relatif terjangkau dan memiliki cover warna-warni yang bisa diganti.

Model-model ini membantu perluasan pasar Nokia dan meningkatkan awareness terhadap merek tersebut. Nama Nokia pun identik dengan ponsel.

Nokia 8110. sumber: kompas.com

Nokia 8110. sumber: kompas.com

Nokia 8110

ak seperti kini, dulu, ponsel Nokia memiliki bentuk yang beraneka ragam. Perusahaan ini tak takut-takut menjalankan pola pikir “out of the box” dan menelurkan sejumlah rancangan ikonik di dunia ponsel.

Contohnya, Nokia 8110 yang memiliki bentuk melengkung dan faktor bentuk slider yang membuatnya terlihat keren ketika meluncur pada 1998.

Ponsel ini pun menjadi bintang di film pertama trilogi “The Matrix” yang dirilis pada tahun yang sama. Pada masa-masa setelah itu, Nokia terus berinovasi. Rancangan-rancangannya termasuk ponsel berbentuk persegi, dengan keyboard QWERTY, bahkan yang mirip lipstick seperti Nokia 7280 dan 7380.

 

Nokia 7110

Nokia 7110. sumber: kompas.com

Nokia 7110

Nokia memperkenalkan banyak fitur teknologi yang kini umum dipakai di ponsel-ponsel modern. Browser mobile, misalnya, pertama kali diusung oleh Nokia 7110. Nokia 5510 memperkenalkan pemutar musik di ponsel, sementara Nokia 6310 membawa teknologi koneksi Bluetooth.

Nokia juga memiliki peranan penting dalam perkembangan game di ponsel. Masih ingat dengan permainan Snake yang sangat populer itu?

Meski telah ada sejak tahun 70-an, Snake baru benar-benar meledak setelah Nokia memaketkan permainan sederhana tersebut sebagai fitur standar di produk-produk buatannya, mulai dengan 6110 pada 1997.

Nokia N95

Nokia N95. sumber: kompas.com

Nokia N95

Nokia memperkenalkan banyak fitur teknologi yang kini umum dipakai di ponsel-ponsel modern. Browser mobile, misalnya, pertama kali diusung oleh Nokia 7110. Nokia 5510 memperkenalkan pemutar musik di ponsel, sementara Nokia 6310 membawa teknologi koneksi Bluetooth.

Nokia juga memiliki peranan penting dalam perkembangan game di ponsel. Masih ingat dengan permainan Snake yang sangat populer itu?

Meski telah ada sejak tahun 70-an, Snake baru benar-benar meledak setelah Nokia memaketkan permainan sederhana tersebut sebagai fitur standar di produk-produk buatannya, mulai dengan 6110 pada 1997.

 

Inilah Alasan Microsoft Akuisi Nokia

ilustrasi. sumber: kompas.com

ilustrasi. sumber: kompas.com

Microsoft mengumumkan sebuah rencana yang mengejutkan banyak pihak di dunia industri teknologi, perusahaan raksasa software tersebut berencana untuk membeli sebagian besar bisnis utama Nokia, Selasa (3/9/2013).

Dana yang akan dikeluarkannya pun tidak sedikit. Untuk unis bisnis perangkat dan layanan bisnis, Microsoft harus merogoh kocek senilai 5 miliar dollar AS. Sementara itu, untuk lisensi paten Nokia, Microsoft mengeluarkan uang sebesar 2,2 miliar dollar AS. Total, dana yang dihabiskan oleh Microsoft adalah sebesar 7,2 miliar dollar AS.

Pertanyaan besarnya, setelah lama dirumorkan, mengapa Microsoft akhirnya bersedia membeli bisnis-bisnis utama Nokia? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Microsoft telah menyediakan sebuah file presentasi berjumlah 30 halaman. Sedianya, file tersebut akan dibacakan dalam konferensi telepon dengan beberapa media, terkait pengakuisisian dua divisi besar Nokia tersebut.

Dalam file tersebut, seperti dikutip dari Washington Post, Selasa (3/9/2013), Microsoft mengungkapkan bahwa mereka percaya integrasi yang lebih dalam dengan perangkat, software, dan layanan dengan Nokia sangat dibutuhkan untuk “bertarung” dengan kompetitor besar, seperti Apple dan ekosistem mobile Google Android.

“Perangkat membantu layanan dan layanan membantu perangkat,” tulis Microsoft dalam presentasi tersebut.

Microsoft sangat yakin, setelah Nokia menjadi satu bagian dengan Microsoft, keduanya dapat lebih leluasa bekerja sama dalam mengembangkan platform Windows Phone.

Selain itu, dana yang dikeluarkan oleh Microsoft untuk pengembangan platform Windows Phone diyakini dapat lebih meningkat. Dana yang dikeluarkan oleh Mirosoft tampaknya tidak bisa terlalu besar dikarenakan insentif yang diterima mereka terkait Windows Phone tidaklah terlalu besar.

Saat ini, setiap ada satu perangkat Lumia yang terjual, Microsoft akan mendapatkan insentif, semacam uang royalti, sebesar 10 dollar AS dari Nokia. Sedangkan sisanya, akan langsung masuk ke “kantung” Nokia. Total insentif yang didapatkan Microsoft dari Nokia selama ini tampaknya belum cukup untuk pendanaan pengembangan Windows Phone.

Nah, insentif tersebut diyakini akan berubah saat Nokia telah menjadi bagian dari Microsoft. Microsoft memperkirakan akan menikmati nilai insentif baru, yaitu sebesar 40 dollar AS setiap ada satu Lumia yang berhasil terjual.

Microsoft sendiri telah merencanakan akan mengalokasikan dana tersebut untuk pendanaan di bidang “inovasi dan marketing”. Microsoft sendiri memperkirakan, dibutuhkan sekitar 50 juta perangkat yang terjual untuk mencapai titik Break Even atau balik modal.

 

sumber: kompas.com

 

 

Iklan

Tentang muhammadarkhan

Seorang penulis yang suka membaca buku dan meminum teh.
Pos ini dipublikasikan di teknologi. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s