Desainer Papan Atas HTC Dituduh Mencuri Rahasia Dagang

Desainer Papan Atas HTC    Dituduh Mencuri Rahasia Dagang. sumber: kompas.com

Desainer Papan Atas HTC Dituduh Mencuri Rahasia Dagang. sumber: kompas.com

Akhir pekan lalu, beberapa desainer papan atas HTC ditangkap oleh polisi Taiwan. Mereka diduga melakukan penipuan serta mencuri rahasia dagang untuk digunakan pada firma desain mobile yang mereka jalankan.

Menurut Engadget, karyawan HTC paling kentara yang tertuduh adalah Vice President of Product Design, Thomas Chien (gambar di atas), R&D Director, Wu Chien Hung dan Design Team Senior Manager, Justin Huang. Karyawan lain yang terlibat telah dibebaskan dengan jaminan, namun Wu dan Chien tetap ditahan oleh kepolisian.

Taipei Times melaporkan bahwa HTC pertama kali menuntut para eksekutifnya saat mengetahui bahwa Chien secara sembunyi-sembunyi menyimpan dan membagi file yang terkait dengan desain antarmuka HTC Sense 6.0 yang akan datang.

Sejak saat itu, penyidikan juga mengungkapkan perbedaan klaim pengeluaran terkait dengan desain smartphne HTC One. Ditemukan biaya desain sebesar US$ 344.000 yang dibayarkan kepada firma desain pihak ketiga untuk desain HTC One menggunakan kuitansi palsu, padahal smartphone tersebut di desain oleh HTC.

Terungkap pula bahwa para eksekutif terebut telah membuka firma desain mobile di Taiwan dan China, terdaftar dengan nama mandarin “Xiaoyu.” Meski demikian, pihak berwajib serta HTC menolak berkomentar terkait dengan apa yang diduga diambil maupun apa saja yang digunakan di perusahan baru para eksekutif karena masih dalam tahap penyidikan.

 

sumber: zonahardware.co.id

Iklan

Tentang muhammadarkhan

Seorang penulis yang suka membaca buku dan meminum teh.
Pos ini dipublikasikan di gadgets, teknologi. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s