PANDI: IGF Bisa Cegah Perang Cyber

ilustrasi meretas. sumber: kompas.com

ilustrasi meretas. sumber: kompas.com

 

Pengelola Nama Domain Indonesia (PANDI) menilai penggelaran Internet Governance Forum (IGF) yang mempertemukan multistakeholder internet dari berbagai negara bisa menjadi pencegah gesekan-gesekan konten yang bisa menciptakan perang cyber.

Ketua Umum PANDI Andi Budimansyah mengatakan sebuah konten terkadang dianggap biasa di suatu negara, tetapi bisa jadi malah menyinggung di negara lain.

“Misal konten pornografi, di beberapa negara juga dianggap biasa tapi di Indonesia menimbulkan dampak sosial budaya yang sangat hebat sehingga perlu dibicarakan dalam forum multistakeholder,” katanya dalam media briefing IGF 2013, Kamis (12/9).

Tata kelola internet memang harus melibatkan pemangku kepentingan majemuk. Dengan demikianlah maka internet dapat dimanfaatkan secara optimal bagi penegakan hak asasi manusia.

Hal tersebut ditegaskan oleh Frank La Rue, Special Rapporteur PBB untuk Kebebasan Berekspresi.

“Model multistakeholder bisa menjadi solusi agar tata kelola internet tidak berpihak hanya pada kepentingan pihak tertentu. Dengan pelibatan multistakeholder, maka beragam agenda kepentingan dari pemerintah, sektor swasta, akademisi, dan masyarakat sipil dapat didiskusikan bersama. Tidak boleh ada yang merasa atau memposisikan dirinya paling dominan,” katanya.

Dirjen Aplikasi Telematika Aswin Sasongko memberikan contoh permasalahan internet yang harus diselesaikan multistakeholder seperti kasus perang cyber antara hacker Indonesia dan Malaysia serta kasus film Innocence of Moslems di Youtube yang membutuhkan kerja sama ISP, pemerintah, dan stakeholder internasional yaitu Google.

 

sumber: merdeka.com

Iklan

Tentang muhammadarkhan

Seorang penulis yang suka membaca buku dan meminum teh.
Pos ini dipublikasikan di teknologi dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s