Kebisingan Pesawat Picu Pertinggi Resiko Stroke

pesawat  jet mata-mata U-2 di area 51. sumber: bbcindonesia.com

pesawat jet mata-mata U-2 di area 51. sumber: bbcindonesia.com

Penelitian atas 3,6 juta masyarakat yang tinggal di sekitar bandara Heatrow, London, menunjukkan risikonya lebih besar 10-20% di kawasan dengan tingkat kebisingan tertinggi.

Bagaimanapun tim peneliti sepakat dengan para ahli sebelumnya yang berpendapat bahwa kebisingan bukan satu-satunya penyebab dan diperlukan penelitian lebih lanjut.

“Peran persisnya dari keterbukaan terhadap suara mungkin menyebabkan kesehatan buruk namun masih belum dipastikan,” jelas Dr Anna Hansell dari Imperial College London, yang memimpin penelitian.

“Bagaimanapun, jelas bahwa itu mungkin menyumbang, misalnya dengan meningkatkan tekanan darah karena mengganggu tidur orang.”

Hasil penelitian yang diterbitkan di British Medical Journal ini antara lain adalah menemukan 2% responden atau sekitar 70.000 orang memiliki risiko lebih tinggi untuk dibawa ke rumah sakit maupun meninggal disebabkan stroke, jantung, dan gangguan peredaran darah.

“Kami mengenakan tarif untuk pesawat yang bersuara lebih keras, menawarkan pelapisan dan kaca ganda kepada warga setempat…”

Matt Gorman

Dan mereka tinggal di kawasan dengan kebisingan suara pesawat paling tinggi.

Kebisingan berkurang

Penelitian tentang kebisingan suara ini dilakukan di 12 wilayah pemerintah kota London dan sembilan di luar kota London.

Direktur Bandara Heathrow, Matt Gorman, mengatakan mereka sudah mengambil tindakan yang besar untuk mengatasi kebisingan suara.

“Kami mengenakan tarif untuk pesawat yang bersuara lebih keras, menawarkan pelapisan dan kaca ganda kepada warga setempat dan bekerja dengan para pegiat untuk memberi warga perkiraan masa istirahat dari kebisingan.”

Sementara pemerintah menegaskan bahwa jumlah orang yang terkena dampak kebisingan di sekitar Heathrow berkurang dalam beberapa tahun belakangan karena kemajuan teknologi penerbangan dan perencanaan jalur penerbangan yang lebih baik.

Ditambahkan bahwa dalam beberapa bulan mendatang, Kantor Kesehatan Masyarakat Inggris, akan merekrut sejumlah ahli untuk mengkaji masalah kesehatan terkait dengan kebisingan.

 

(bbcindonesia.com)

Iklan

Tentang muhammadarkhan

Seorang penulis yang suka membaca buku dan meminum teh.
Pos ini dipublikasikan di teknologi. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s